Minggu, 05 Januari 2014

BENDA-BENDA TRADISIONAL SUKU DAYAK KALIMANTAN


Masyarakat Dayak di Kalimantan, khususnya di Kalimantan Timur masih menjaga nilai-nilai Budaya terutama benda-benda Bersejarah yang tetap dijaga dengan baik. Banyak benda-benda bersejarah suku Dayak yang sampai saat ini tetap dipakai, seperti Mandau, Tombak, Sumpit (hemput), Perisai (kelbit), topi dayak (lavung), pakaian dayak laki-laki (ba'ah), pakaian dayak wanita (taq'ah), tempat menggendong anak (katu'ung), dan masih banyak benda-benda tradisional yang lainnya.

Melihat dimasa sekarang, masyarakat luas Dayak banyak yang tidak memahami tentang kebudayaan Dayak sesungguhnya dengan mengetahui/ mempelajari penggunaan dimasing-masing benda tradisional suku Dayak.
dikesempatan ini saya ingin berbagi dimana benda-benda tradisional suku Dayak yang saya ketahui, dimulai dari :

1. Mandau (havit/ malaat)
Penggunaan Mandau (havit/ malaat) ini sering dipakai untuk memotong sesuatu jika itu digunakan dalam kegiataan sehari-hari. Mandau ini bagi suku Dayak sangatlah penting untuk melindungi diri dari beberapa serangan dari laur, seperti binatang buas maupun musuh. Mandau ini dibuat dari batu dimasa lampau dan gagang (pegangan) mandau terbuat dari tulang/ tanduk rusa/ kijang.

Tidak asing jika kita sering menjumpai orang-orang Dayak memakai Mandau kemudian diikatan pada pinggang, karena itu sudah menjadi kebiasaan bagi mereka. Mandau sebagai alat yang bisa menjaga diri dari semua serangan musuh.

Mandau (havit/Mala'at)


2. Perisai ( Kelbit)
Penggunaan Perisai didalam suku Dayak merupakan Alat untuk melindungi diri dari serangan musuh pada saat terjadinya perang atau ngayau.

Perisai/ Kelbit

3. Sumpit ( Hamput)
Penggunaannya sebagai Alat untuk berburu di Hutan. Sumpit atau Hemput itu sendiri sering di gunakan untuk menangkap ikan atau dijadikan sebagai melawan musuh di dalam jarak jauh.

Sumpit/ Hemput'

4. Tombak
Penggunaannya hampir sama dengan Sumpit namun Tombak tidak mempunyai anak panah yang sifatnya beracun. Tombak sering digunakan untuk berburu Babi, Rusa dan Binatang lannya. Tombak itu sendiri terbuat dari Batu dan Kayu.
Tombak

2 komentar: